Friday, October 26, 2012

MEMBUAT GARIS (PENGOLAHAN CITRA)

NAMA : ANDRE SAPUTRA MANGINDAAN
KELAS : 3KA25
NPM    : 10110729


DIAGONAL

Coding:

















glClearColor (0.9f, 0.1f, 0.1f, 1.2f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); // 

glBegin(GL_LINES); 
glVertex3f(0,0,-0.0); 
glVertex3f(0.9,0.9,0.0); 
///////////////////////////////// 

glEnd (); 
glPopMatrix (); 

SwapBuffers (hDC); 
Sleep (1); 





Penjelasan: 
  • glClearColor (0.9f, 0.1f, 0.1f, 1.2f); = perintah untuk menampilkan warna atau memilih warna
  • glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); = perintah untuk membersihkan background(layar belakang)
  • glPushMatrix (); = perintah untuk membuat baris kode agar tidak berlaku untuk bagian luar
  • glClearColor(1,1,1,0); = perintah untuk menentukan warna garis/titik
  • glColor3f(1,1,1); // = perintah untuk menentukan juga warna garis/titik
  • glBegin(GL_LINES); = perintah untuk menggambar garis dari titik yang akan kita tentukan
  • glVertex3f(0,0,-0.0); = perintah untuk menentukan titik awal yang akan kita gunakan
  •  glVertex3f(0.9,0.9,0.0); = perintah untuk menentukan titik akhir yang akan kita gunakan
  •  /////////////////////////////////
  • glEnd (); = perintah untuk mengakhiri gambar garis dari titik
  • glPopMatrix (); = perintah untuk membuat baris kode agar tidak berlaku untuk bagian luar
  • SwapBuffers (hDC); = perintah untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
  • Sleep(1); = mengakhiri program
  • } = tanda akhir program
  • } = tanda akhir program
Output:
 

















VERTIKAL

Coding:


 














glClearColor (0.9f, 0.1f, 0.1f, 1.2f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); // 

glBegin(GL_LINES); 
glVertex3f(0,0,-0.0); 
glVertex3f(0.0,0.130,0.0); 
///////////////////////////////// 

glEnd (); 
glPopMatrix (); 

SwapBuffers (hDC); 
Sleep (1); 





Penjelasan: 
  • glClearColor (0.9f, 0.1f, 0.1f, 1.2f); = perintah untuk menampilkan warna atau memilih warna
  • glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); = perintah untuk membersihkan background(layar belakang)
  • glPushMatrix (); = perintah untuk membuat baris kode agar tidak berlaku untuk bagian luar
  • glClearColor(1,1,1,0); = perintah untuk menentukan warna garis/titik
  • glColor3f(1,1,1); // = perintah untuk menentukan juga warna garis/titik
  • glBegin(GL_LINES); = perintah untuk menggambar garis dari titik yang akan kita tentukan
  • glVertex3f(0,0,-0.0); = perintah untuk menentukan titik awal yang akan kita gunakan
  •  glVertex3f(0.0,130.0,0.0); = perintah untuk menentukan titik akhir yang akan kita gunakan
  •  /////////////////////////////////
  • glEnd (); = perintah untuk mengakhiri gambar garis dari titik
  • glPopMatrix (); = perintah untuk membuat baris kode agar tidak berlaku untuk bagian luar
  • SwapBuffers (hDC); = perintah untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
  • Sleep(1); = mengakhiri program
  • } = tanda akhir program
  • } = tanda akhir program
Output: 


















HORIZHONTAL

Coding:


 














glClearColor (0.9f, 0.1f, 0.1f, 1.2f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); // 

glBegin(GL_LINES); 
glVertex3f(0,0,-0.0); 
glVertex3f(0.9,0.0,0.0); 
///////////////////////////////// 

glEnd (); 
glPopMatrix (); 

SwapBuffers (hDC); 
Sleep (1); 





Penjelasan: 
  • glClearColor (0.9f, 0.1f, 0.1f, 1.2f); = perintah untuk menampilkan warna atau memilih warna
  • glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); = perintah untuk membersihkan background(layar belakang)
  • glPushMatrix (); = perintah untuk membuat baris kode agar tidak berlaku untuk bagian luar
  • glClearColor(1,1,1,0); = perintah untuk menentukan warna garis/titik
  • glColor3f(1,1,1); // = perintah untuk menentukan juga warna garis/titik
  • glBegin(GL_LINES); = perintah untuk menggambar garis dari titik yang akan kita tentukan
  • glVertex3f(0,0,-0.0); = perintah untuk menentukan titik awal yang akan kita gunakan
  •  glVertex3f(0.9,0.0,0.0); = perintah untuk menentukan titik akhir yang akan kita gunakan
  •  /////////////////////////////////
  • glEnd (); = perintah untuk mengakhiri gambar garis dari titik
  • glPopMatrix (); = perintah untuk membuat baris kode agar tidak berlaku untuk bagian luar
  • SwapBuffers (hDC); = perintah untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
  • Sleep(1); = mengakhiri program
  • } = tanda akhir program
  • } = tanda akhir program
Output: 
 













No comments:

Post a Comment