Friday, October 26, 2012

MEMBUAT GARIS (PENGOLAHAN CITRA)

NAMA : ANDRE SAPUTRA MANGINDAAN
KELAS : 3KA25
NPM    : 10110729


DIAGONAL

Coding:

















glClearColor (0.9f, 0.1f, 0.1f, 1.2f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); // 

glBegin(GL_LINES); 
glVertex3f(0,0,-0.0); 
glVertex3f(0.9,0.9,0.0); 
///////////////////////////////// 

glEnd (); 
glPopMatrix (); 

SwapBuffers (hDC); 
Sleep (1); 





Penjelasan: 
  • glClearColor (0.9f, 0.1f, 0.1f, 1.2f); = perintah untuk menampilkan warna atau memilih warna
  • glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); = perintah untuk membersihkan background(layar belakang)
  • glPushMatrix (); = perintah untuk membuat baris kode agar tidak berlaku untuk bagian luar
  • glClearColor(1,1,1,0); = perintah untuk menentukan warna garis/titik
  • glColor3f(1,1,1); // = perintah untuk menentukan juga warna garis/titik
  • glBegin(GL_LINES); = perintah untuk menggambar garis dari titik yang akan kita tentukan
  • glVertex3f(0,0,-0.0); = perintah untuk menentukan titik awal yang akan kita gunakan
  •  glVertex3f(0.9,0.9,0.0); = perintah untuk menentukan titik akhir yang akan kita gunakan
  •  /////////////////////////////////
  • glEnd (); = perintah untuk mengakhiri gambar garis dari titik
  • glPopMatrix (); = perintah untuk membuat baris kode agar tidak berlaku untuk bagian luar
  • SwapBuffers (hDC); = perintah untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
  • Sleep(1); = mengakhiri program
  • } = tanda akhir program
  • } = tanda akhir program
Output:
 















Jalan Cerita gua diantara cerita Lo…. dan cerita mereka
Gua di LahiRkaN daLaM sebuah cerita yg gua 9x tau jaLaN ceRita ea diLataR suasana yg BeRbeda seNyum,Ketawa,takut,ataupun CinTa PeRnah gua PeRanin dan cerita gua masih berjalan diantara cerita kamu ataupun mereka,untuk akhir,diantara dua tujuan setelah akhir cerita. 

Ini kisah cerita dengan kata-kata paling fatal dan jalan cerita yang sangat-sangat tidak jelas.

Perbaikan :
  1. Gua : Saya/Aku
  2. Lo : Anda/Kamu
  3. LahiRkaN : Lahirkan
  4. daLaM : Dalam
  5. yg : Yang
  6. 9x : Tidak 
  7. tau : Tahu
  8. jaLaN : Jalan
  9. ceRita : Cerita
  10. ea : -Nya
  11. diLataR : Dilatar
  12. BeRbeda : Berbeda
  13. seNyum : Senyum
  14. CinTa : Cinta
  15. PeRnah : Pernah
  16. PeRanin : Perankan
NAMA : ANDRE SAPUTRA MANGINDAAN
KELAS : 3KA25
NPM    : 10110729

Monday, October 8, 2012

Sepak Terjang Bahasa Indonesia di Luar Negeri

Kebanyakan orang Indonesia yang pesimis akan negaranya mungkin akan merasa malu terhadap bahasa Indonesia, mengira bahwa bahasa Indonesia hanya dipelajari dan digunakan di Indonesia, dan menganggap bahasa Indonesia kalah menarik dibanding bahasa asing lain. mereka pasti akan terkejut bila mengetahui betapa populernya bahasa Indonesia di dunia. benarkah itu? Ternyata, bukan cuma Indonesia yang menerapkan pelajaran bahasa Indonesia. saat ini bahasa Indonesia juga dipelajari di lebih dari 45 negara di dunia. beberapa diantaranya adalah Australia, Jepang, Vietnam, Mesir, dan Italia. hal ini membuat bahasa Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. 

Perlu kita akui, Bahasa Indonesia memang semakin diminati warga dunia. di Australia, bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer keempat. ada sekitar 500 sekolah pada tingkat pendidikan dasar yang mengajarkan bahasa Indonesia disana (187 diantaranya berada di Australia Barat), dan biasanya Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang wajib dipelajari di tingkat sekolah dasar. belum lagi jumlah perguruan tinggi yang menyediakan jurusan bahasa atau sastra indonesia, membuat Australia menjadi salah satu negara yang paling intens mengembangkan bahasa Indonesia. jadi tak heran bila di Australia kita menemukan anak – anak SD yang bisa menyapa kita dengan sapaan khas orang Indonesia ‘Selamat pagi, apa kabar?’ 

Sementara itu di benua Afrika, Mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan bahasa Indonesia. di negara yang paling pertama mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia itu baru saja dibangun Pusat Studi Indonesia. Pusat Studi ini ada di Suez Canal University, dan merupakan langkah awal untuk lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya. 

Interaksi Manusia dan Komputer

Nama : Andre Saputra Mangindaan
Kelas  : 3ka25
Npm   : 10110729


Prinsip Usability 
Prinsip Usability adalah prinsip penggunaan dari sebuah sistem oleh sistem lain yang lebih kompleks Apa hubungannya prinsip usability ini dengan Interaksi Manusia & Komputer ? Saya akan coba sedikit membahas tentang hal itu.
Prinsip Usability terbagi atas : 

1. Human Abilities 
2. Human Capabilities 
3. Memory 
4. Process 
5. Observations
5.  Problem Solving 

1. HUMAN ABILITIES 

BAIK 
- Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex 
- Kemampuan memahami tinggi 
- Mekanisme konsentrasi powerful 
- Pengenalan pola pikir powerful 

BURUK 
- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas 
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM 
- Proses yang cenderung salah 
- Proses yang lambat 

2. HUMAN CAPABILITIES
Faktor manusia ini harus diperhatikan, karena dari sinilah desain yang lebih baik didapatkan.
User perlu mengetahui hal-hal berikut dalam merancang : 
i. Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba)
ii. Proses informasi
iii. Sistem Motor 

i.a. PENGLIHATAN / INDRA MATA (VISION) 
Konsep penglihatan terdiri dari dua tahap :
- Penerimaan stimulus dari luar secara fisik 
- Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut 

A. Kemampuan Penglihatan 
Sensivitas 
- Luminance : jumlah cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek, dengan ukuran 10-6 – 107 mL 

Wednesday, June 6, 2012

TEORI ORGANISASI UMUM 2 (TUGAS 4)

A. Apa itu Uang dan Jenis Uang


Uang
Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran. Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran. Pada awalnya di Indonesia, uang dalam hal ini uang kartal diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Namun sejak dikeluarkannya UU No. 13 tahun 1968 pasal 26 ayat 1, hak pemerintah untuk mencetak uang dicabut. Pemerintah kemudian menetapkan Bank Sentral, Bank Indonesia, sebagai satu-satunya lembaga yang berhak menciptakan uang kartal. Hak untuk menciptakan uang itu disebut dengan hak oktroi.


Jenis Uang
Uang yang beredar dalam masyarakat dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu uang kartal (sering pula disebut sebagai common money) dan uang giral. Uang kartal adalah alat bayar yang sah dan wajib digunakan oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual-beli sehari-hari. Sedangkan yang dimaksud dengan uang giral adalah uang yang dimiliki masyarakat dalam bentuk simpanan (deposito) yang dapat ditarik sesuai kebutuhan. Uang ini hanya beredar di kalangan tertentu saja, sehingga masyarakat mempunyai hak untuk menolak jika ia tidak mau barang atau jasa yang diberikannya dibayar dengan uang ini. Untuk menarik uang giral, orang menggunakan cek.